Aku habis melakukan presentasi, presentasi tentang sebuah zat yang sangat berbahaya, namanya adalah Dihydrogen Monoxide. Zat ini sangat berbahaya karena beberapa hal, yaitu:

  • Dapat terbakar dalam bentuk gas
  • Korosif dan membuat besi berkarat
  • Membunuh jutaan orang setiap tahun
  • Biasa ditemukan pada tumor, hujan asam dan hasil pembakaran mobil hidrogen
  • Menyebabkan kencing yang berlebihan dila dikonsumsi terlalu banyak

Aku menambahkan bahwa zat ini bisa membunuh Anda bila berhenti mengonsumsinya.

Saya kemudian bertanya didepan ruang kelas “apakah Anda semua ingin melarang penggunaan Dihydrogen Monoxide setelah mengetahui betapa berbahayanya benda ini”?

15 dari 20 teman sekelasku mem-voting bahwa zat ini harus dicekal karena ini merupakan bahan kimia yang berbahaya.

Padahal sebenarnya zat ini tidak beracun sama sekali, faktanya, zat ini adalah nama resmi dari air.

Presentasi saya sebenarnya ingin menunjukkan bahwa penggiringan opini, di negara demokrasi dimana suara seorang profesor dan seorang preman adalah sama. Sehingga lebih baik memiliki banyak pengikut tidak berguna daripada sedikit sangat berguna karena saat pemilihan suara sama-sama dihitung satu. Orang dengan tingkat pendidikan rendah cenderung mudah mempercayai hal-hal yang tidak mereka ketahui dengan cara sederhana. Itulah gunanya Anda berkomunitas, untuk mencari dukungan atas ide-ide Anda dan berusaha mewujudkan ide Anda.

Teori konspirasi tercipta karena kita ini merasa butuh pegangan. Have faith. Itulah mengapa ada manusia. Bila tidak ada pegangan, maka kita terombang-ambing dalam badai kehidupan, akan sulit untuk berdiri tegak. Selama kita masih percaya, maka akan tumbuh harapan. Kita sebut dengan hope. Selama kita punya harapan, kita yakin semuanya akan baik-baik saja. Kita hanya perlu bersabar hingga badai berlalu.

Kapan hujan akan berhenti? Nanti kalau awannya sudah habis akan berhenti sendiri, sekarang sabar saja menunggu hujan reda. Pasti berhenti kok. Tidak mungkin setahun penuh hujan terus. Sama seperti kehidupan. Harapan hidup orang Indonesia itu 71 tahun, jadi bila saat kecil sampai umur 30 tahun hidup susah ya gapapa, masih ada 40 tahun hidup enak.

Faith, hope and fight

Jangan lupa untuk mendaftar menjadi teman jaski di aplikasi jaski yang bisa di download di play store dan apps store. Ikuti kami di fanspage, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

 

26 June 2020 18:19 104 hits Informasi