Salah satu permainan konsol yang paling hits di era playstation 1. aku adalah salah satu penikmat permainan simulasi ini. Singkatnya, pada permainan ini seorang pemuda (yang selanjutnya bisa kita beri nama terserah keinginan pemain) diwariskan perkebunan dan perternakan oleh kakeknya. Saat megunjungi perkebunan tersebut pertama kali, walikota datang menemuinya. Ia meminta pemuda tersebut untuk segera membereskan perkebunan yang sudah tidak terurus tersebut, jika gagal maka akan mengubah tempat tersebut menjadi taman hiburan. Nah, baru di sini permainan role play sebagai tukang kebun di mulai.

Pada awal permainan lelah sekali, harus membereskan kebun, memotong rumput, menghancurkan batu, membajak/menggemburkan tanah. Tidak sampai di situ saja, setelah selesai membereskan kebun, aku harus mulai menanam sayur, buah-buahan dan tanaman lainnya, Tidak lupa pula untuk menyiram, dan ketika sudah sampai pada waktunya tanaman tersebut harus dipanen.

Aku menghabiskan awal permainan hanya mengurusi kebun. Sesekali bermain dengan peliharaan, dan melakukan beberapa quest untuk menyelesaikan perintah dari walikota. Padahal selain mengurus perkebunan, di permainan ini juga dituntut untuk dapat berbaur dengan masyarakat kota lainnya. Salah satu keseruannya dalam bermain permainan ini adalah kamu bisa memilih perempuan yang ingin dinikahi. Ada lima perempuan, dan masing-masingnya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda untuk mendapatkan perhatiannya (merubah warna love indicator dari hitam ke merah). Seperti misalnya Popuri gadis dari peternakan ayam mempunyai waktu tertentu untuk dapat ditemui. Jika mengunjunginya di jam yang salah, makan perempuan itu tidak terlihat. Begitu pula Elli, seorang suster yang sering terlihat di rumah sakit.

Banyak yang ingin dilakukan dalam waktu yang terbatas. Di satu sisi aku ingin sekali membuat kebun hidup, dengan menanam banyak jenis tanaman, dan juga aku ingin mengembangkan perternakan. Juga, karena keterbatasan coin, harus menambang yang kemudian bisa diperjualkan dan menambah uang. Yang dimana untuk melakukan itu semua membutuhkan paling tidak setengah hari bahkan bisa sampai sore (waktu dalam game). Bagaimana bisa bergabung dengan masyarakat kota, ikut festival, atau bahkan menarik perhatian para gadis dan menikah (dengan merubah warna hati hitam-merah).

Di sinilah gunanya cheat code, secara instan uang aku ada banyak sekali. Level hati juga sudah pada level tertinggi, tidak perlu bersusah payah untuk mengambil hati hewan ternak, peri hutan dan masyarakat kota. tidak perlu sibuk mengurus perkebunan dan perternakan, karena bisa kapan saja meminta bantuan peri untuk melakukannya. Setelah menggunakan cheat code, aku bebas melakukan apa saja.

Tapi, itu semua hanya bertahan sesaat. Tidak ada lagi keseruan dari yang namanya mencari uang di game ini jika menggunakan cheat codes. Melihat hewan peliharaan juga sudah tidak peduli lagi, karena level hatinya sudah paling tinggi. Permainan juga tidak dirasa sulit lagi mengurus perkebunan dan perternakan dan di saat bersamaan harus berbaur dengan masyarakat kota.

aku merasa hampa (ceilah) setelah menggunakan cheat code. Karena ternyata di dunia ini ada beberapa kebahagiaan/kegembiraan yang hanya akan dialami karena adanya kesulitan.

Seperti contoh; dibutuhkan hari yang benar-benar melelahkan, untuk gembira karena tidur yang sangat pulas dan bangun dalam keadaan yang rejuvenated/segar kembali. Hanya di musim dingin/hujan atau sedang sakit, bagi seseorang untuk menngalami kegembiraan mandi dengan air panas. Mandi air panas di musim/cuaca panas sangat tidak nikmat.

 

Kehidupan pun sama halnya dengan permainan Harvest Moon ini, tentu saja tanpa menggunakan cheat. Ada beberapa kebahagian yang hanya bisa dirasakan ketika kita benar-benar melalui kesulitan itu. Seperti bahagia sekali waktu tahu ayam ternak bertelur, karena akan mendapatkan notifikasi di layar. Berbeda ketika aku menggunakan cheat, aku sudah tidak peduli lagi berapa jumlah ayam. Karena sejatinya kemudahan yang aku dapatkan karena bantuan cheat, bukan karena usaha sendiri.

Banyak hal-hal yang tidak dipahami orang kaya karena mereka tidak punya alasan untuk merasakan kesulitan itu. Bukan berarti mereka yang kaya menggunakan jalan pintas ya. Tapi maksudnya kebahagiaan karena benar-benar diusahakan untuk mendapatkannya. Bukan sesuatu yang didapatkan karena privileged atau karena faktor lucky terlahir dari keluarga yang berada atau apalagi karena berbuat curang. Bahagia sih bahagia, siapa yang tidak bahagia terlahir dari keluarga kaya sih. Tapi tentu bahagianya berbeda dengan mereka yang memulai dari nol dan sekarang berada di posisi atas karena usaha sendiri.

Seperti misalnya orang yang tidak perlu menabung untuk mewujudkan kebahagiaannya karena dia sudah terlampau kaya untuk menabung, sulit untuk memahami kebahagiaan seorang pedagang kecil yang akan menunaikan haji/umrahnya. Karena biasanya mereka yang kurang mampu seringnya diberitakan di media bahwa mereka menabung setiap harinya, entah seribu, dua ribu, lima ribu, selama bertahun-tahun untuk dapat naik haji/umrah. Aku kadang sulit membayangkan betapa uletnya mereka menabung sampai terkumpul uang sebanyak itu.

Dan kebahagiaan-kebahagiaan lainnya yang hanya bisa dirasakan karena adanya kesulitan. Jadi, kalau kamu masih bisa merasakan bahagia bahkan untuk hal-hal kecil, maka bersyukur lah.

Silahkan mendaftar menjadi teman jaski di aplikasi jaski yang bisa di download di play store dan apps store. Ikuti kami di fanspage, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

17 July 2020 09:23 201 hits Informasi