World Wide Developers Conference 2020 baru selesai dilakukan kemarin 22 Juni 2020. Kali ini Apple tidak memperkenalkan gadget baru mereka, meningat sedang ada pandemic sehingga penjualan lesu. Pas sekali ya mereka mengeluarkan Iphone SE 2 dengan touch ID saat dimana orang memakai masker, sehingga seakan-akan Apple mengetahui kebutuhan pasar. Apakah ini sebagian dari rencana Apple dalam mempromosikan produk terbarunya? Dulu waktu tahun 2011 kita juga cukup digemparkan oleh sebuah ramalan dimana tahun 2012 akan kiamat, yang terjadi malah keluar film Holywood tentang kiamat. Apakah desas desus kiamat memang sengaja dihembuskan untuk meningkatkan awareness masyarakat sehingga tertarik menonton film bertema kiamat? Apakah kali ini juga sama? Demi mengeluarkan kembali iphone ber touch ID.

Banyak hal baru yang diperkenalkan saat WWDC 2020. Yang paling membuat saya berkesan adalah fungsi dari widget, fungsi yang sebenarnya sudah lama ada pada ponsel Android. Mengapa baru ada pada widget di IOS 14? Bukannya fungsi ini sudah ada sejak lama di Android? Bedanya widgetnya bisa ditumpuk. Akhirnya apple mulai mencontoh fungsi-fungsi yang sudah ada pada Android seperti grup di Imessage, threated reply, Apps Library dimana samsung sudah lama menggunakannya. Bedanya pada samsung adalah bisa mengubah letak apps bila tidak sesuai dengan prefrensi kita. Contohnya WhatsApp. Bagi aku WhatsApp itu bukanlah sebuah social media, namun sebuah aplikasi produktivitas. Berikutnya adalah picture to picture, sehingga film di Apple TV bisa ditampilkan saat kita melakukan aktivitas lain di Iphone. Untuk siri, tetap saja tidak ada bahasa Indonesia, sungguh mengenaskan, padahal sebuah negara sebesar benua eropa, penduduknya nomor 4 terbanyak di dunia, namun selalu ketinggalan bila ada update dari Apple.

Fitur yang sudah lama ada pada Android, yaitu rute bersepeda, kalau disini dikenal dengan rute kendaraan bermotor. Namun tetap saja belum tersedia di peta Indonesia. Sad.

Bila Iphone banyak mencntoh Android, lalu mengapa xiaomi ingin sekali meniru bentuk UI Iphone? Satu-satunya fitur yang berguna adalah double tab dan triple tab di punggung handphone sehingga kita bisa memberikan shortcut ke sebuah aplikasi. Misalnya control center. Tidak usah swipe ujung atas. Saat digunakan di Iphone SE generasi pertama maupun kedua tidak berfungsi, sepertinya hanya bekerja pada ponsel bernotch.

Intel perlu berhati-hati kali ini, setelah sekian lama, sejak 2017 Intel memperkenalkan fabrikasi 10 nanometer, dan tahun 2019 baru bisa diproduksi, Apple menjadi sangat geram, apalagi perbedaan performa Intel generasi kesembilan dan kesepuluh adalah efisiensi hanya naik 5% dan internal AI sehingga mau tidak mau Apple perlu mengeluarkan laptop menggunakan prosesor generasi kesepuluh. Setelah chipset A12x melampaui kinerja sebagian besar prosesor komputer diseluruh dunia, akhirnya Apple mengumumkan bahwa akhir tahun Apple mulai memperkenalkan Mac dengan Chipset A12x. Padahal aku berencana ganti handphone ke Android karena Iphone 6 plus saya sudah terasa tua, memori 16 GB sudah sangat menyiksa. Sebelumnya aku tidak tertarik menggunakan Mac karena fungsi-fungsi masih mirip dengan windows, namun dengan prosesor ARM, maka aku mulai tertarik, tanpa kipas, pasti akan memiliki daya tahan baterai yang baik. Kalau sekarang AMD 64 dan i386 saling berebut pasar, pada pasar ARM prosesor, maka TMSC mendominasi sebesar 95% pasar. Kalau desktop PC end user dapat menentukan prosesor, sehingga pabrikan chipset perlu promosi kepada end user, maka pada chipset ARM, promosinya bentuknya B2B, dimana yang memperkenalkan prosesor adalah pabrikan ponselnya. Setelah Intel gagal masuk di kancah telepon pintar karena masalah panas yang dihasilkannya, sekarang ARM mulai mengusik kedudukan Intel pada entry level. Pada tingkat atas intel tergerus oleh Ryzen generasi ke 4.

Apakah ini berarti akhir dari prosesor Intel?

Jangan lupa untuk mendaftar menjadi teman jaski di aplikasi jaski yang bisa di download di play store dan apps store. Ikuti kami di fanspage, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan update terbaru dari kami.

26 June 2020 17:16 106 hits Informasi