update Juni 2020

Syarat dan Ketentuan Mitra

Syarat dan Ketentuan Mitra ini (selanjutnya disebut sebagai “Syarat dan Ketentuan Mitra”) merupakan pengikatan hukum antara Mitra dan Jaski, yang mengatur hak dan kewajiban Mitra dan Jaski sehubungan dengan penggunaan Mitra atas Platform Jaski.

Dengan melakukan registrasi sebagai Mitra pada Platform Jaski, maka Mitra sepakat untuk tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan Mitra, Syarat dan ketentuan-ketentuan lain yang telah atau akan ditetapkan oleh Jaski sehubungan dengan Platform Jaski, serta menyatakan dan menjamin bahwa: (i) Mitra merupakan individu yang sudah berusia 18 (delapan belas) tahun; dan (ii) secara hukum berhak untuk mengadakan perjanjian yang mengikat.

Apabila Mitra melakukan registrasi untuk dan atas nama perusahaan, organisasi atau entitas lainnya, maka Mitra menyatakan dan menjamin bahwa Mitra memiliki kewenangan untuk melakukan registrasi, menggunakan Platform Jaski, dan melaksanakan Transaksi untuk dan atas nama perusahaan, organisasi atau entitas tersebut.

1. DEFINISI

Dalam Syarat dan Ketentuan Mitra, kecuali secara tegas ditentukan lain, istilah-istilah di bawah ini memiliki arti sebagai berikut:

a. "Akun Mitra" adalah akun Jaski yang dimiliki oleh Mitra setelah proses registrasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2.1 dilakukan;

b. "BANI" berarti Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang didirkan berdasarkan Surat Keputusan KADIN Indonesia Nomor: SKEP/152/DPH/1977 tanggal 30 November 1977;

c. "Biaya" berarti jumlah yang dikenakan kepada Mitra atas Transaksi yang dilakukan, yang terdiri dari biaya transaksi, bunga cicilan dan/atau biaya admin sebagaimana didefiniskan dalam Pasal 5.1;

d. "Gangguan" memiliki arti sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 6.2;

e. "HKI Jaski" memiliki arti sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 7.1;

f. "Hari Kerja" berarti hari (selain hari Sabtu atau hari Minggu serta hari libur nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia) dimana bank-bank di Jakarta menjalankan kegiatan operasional normal;

g. "Informasi Rahasia" memiliki arti sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 8;

h. "Informasi Registrasi" memiliki arti sebagaimana didefinisikan pada Pasal 2.1;

i. "Konten Yang Dilarang" memiliki arti sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 9.1;

j. "Pengguna" berarti pihak yang menggunakan Platform Jaski, baik yang telah melakukan registrasi akun maupun sekedar mengunjungi Platform Jaski;

k. "Biaya Layanan" berarti biaya layanan yang dikenakan kepada Mitra maupun pengguna yang menggunakan Platform Jaski.

l. "Penutupan Akun Mitra" memiliki arti sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 11.1;

m. "Perselisihan" memiliki arti sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 14.2;

n. "Platform Jaski" berarti situs e-commerce yang dikelola dan dimiliki oleh Jaski, berfungsi untuk pencari jasa dan Mitra-Mitra penyedia jasa, yang tersedia melalui www.jaski.id, platform “ios” dan platform “android”;

o. "Produk" berarti barang dan/atau jasa yang ditawarkan oleh Mitra melalui Platform Jaski sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 3.1;

p. "Syarat dan Ketentuan Mitra" adalah syarat dan ketentuan ini, yang berlaku bagi Mitra sehubungan dengan penggunaanya atas Platform Jaski;

q. "Transaksi" berarti transaksi jual beli Produk antara Mitra dan Pengguna melalui Platform Jaski; dan

r. "Refund" berarti pengembalian dana oleh mitra kepada pengguna.

r. "Mitra", berarti Mitra penyedia jasa yang telah melakukan registrasi sebagai Mitra di dalam Platform Jaski.

 

2. AKUN MITRA

2.1 Mitra bertanggung jawab atas kerahasiaan dari Login ID, password, email dan informasi-informasi lainnya sehubungan dengan Akun Mitra (“Informasi Registrasi”). Oleh karena itu, Mitra tidak diperkenankan untuk:

a. memberitahukan Informasi Registrasi kepada pihak lain; dan

b. menyimpan Informasi Registrasi dalam telepon selular atau sarana penyimpanan lain yang memungkinkan diketahui pihak lain.

2.2 Jaski akan memproses segala sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan Platform Jaski berdasarkan Informasi Registrasi, dan memperlakukan Informasi Registrasi sebagai perintah yang sah dari Mitra. Jaski tidak berkewajiban untuk melakukan verifikasi apakah Akun Mitra adalah benar digunakan oleh Mitra.

2.3 Apabila Mitra menyadari adanya akses ilegal terhadap Akun Mitra, atau adanya penyalahgunaan terhadap Informasi Registrasi, Mitra dapat memberitahukan kepada Jaski melalui email di [email protected] Untuk menghindari keragu-raguan, pemberitahuan tersebut tidak membuat Jaski bertanggung jawab atas segala bentuk penyalahgunaan Informasi Registrasi atau akses ilegal terhadap Akun Mitra.

 

3. PRODUK

3.1 Dalam Platform Jaski, Mitra hanya diperkenankan untuk menawaran barang dan/atau jasa (“Produk”) sebagaimana ditentukan dalam Lampiran I.

3.2 Jaski berhak untuk secara seketika menghapus barang dan/atau jasa lain yang ditawarkan oleh Mitra melalui Platform Jaski yang tidak sesuai dengan Produk.

 

4. BIAYA TRANSAKSI, DAN BIAYA ADMIN

4.1 Dalam penggunaan pelayanan Jaski, Jaski berhak untuk memberlakukan biaya transaksi, dan/atau biaya admin kepada Mitra atas Transaksi yang dilakukan (yang untuk selanjutnya akan disebut sebagai “Biaya”) dan atau biaya layanan kepada Pengguna atas Transaksi, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. bagi Pengguna yang melakukan Transaksi dengan Mitra, sebagaimana ditentukan dalam Lampiran II.

4.2 Guna keperluan pembayaran Biaya, Jaski berhak untuk secara langsung memotong pembayaran atas Transaksi dari Pengguna, sebelum diteruskan kepada Mitra.

4.3 Apabila terdapat selisih perhitungan Biaya yang terdapat pada catatan Jaski dan catatan Mitra, masing-masing pihak berhak untuk meminta diadakannya rekonsiliasi. Rekonsiliasi dapat dilakukan secara langsung, dalam suatu pertemuan, melalui surat maupun melalui email. Hasil rekonsiliasi wajib untuk dituangkan dalam berita acara rekonsiliasi dengan format yang dirasa cukup oleh para pihak.

 

5. PAJAK

5.1 Pajak-pajak yang timbul sehubungan dengan penggunaan Platform Jaski merupakan tanggung jawab masing-masing pihak, baik Mitra maupun Jaski, dan masing-masing pihak berkewajiban untuk memenuhinya sesuai dengan ketentuan perpajakan di Republik Indonesia.

5.2 Pembayaran Biaya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5.1 sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Apabila Mitra memiliki pertanyaan sehubungan dengan perpajakan, maka Mitra dapat menghubungi Jaski melalui email sebagai berikut: [email protected]

 

6. PELEPASAN TANGGUNG JAWAB

6.1 Mitra memahami bahwa Transaksi adalah hubungan antara Pengguna dan Mitra. Jaski hanya berkewajiban untuk mengelola Platform Jaski sebaik mungkin untuk memudahkan Transaksi. Oleh Karena itu, Mitra membebaskan Jaski dari segala bentuk tanggung jawab terhadap seluruh atau sebagian kerugian atau hilangnya keuntungan yang dialami oleh Mitra, maupun Pengguna yang timbul dari, atau sehubungan dengan Transaksi.

6.2 Segala sesuatu yang terkait dengan Platform Jaski, disediakan oleh Jaski “sebagaimana adanya”. Jaski tidak menyatakan dan menjamin bahwa Platform Jaski adalah suatu perangkat lunak (software) yang sempurna. Sangat dimungkinkan untuk terjadinya gangguan, kesalahan, kekeliruan ataupun infeksi virus dalam Platform Jaski, yang mungkin menyebabkan, antara lain, hilangnya sebagian atau seluruh informasi dalam Platform Jaski, atau delay atas perintah tertentu dalam penggunaan Platform Jaski (“Gangguan”). Mitra dengan ini menyatakan bahwa Mitra telah memahami risiko-risiko tersebut dan melepaskan Jaski dari segala bentuk tanggung jawab terhadap seluruh atau sebagian kerugian atau hilangnya keuntungan yang dialami oleh Mitra maupun Pengguna yang diakibatkan oleh Gangguan.

6.3 Apabila terjadi Gangguan terhadap Platform Jaski, sehingga Gangguan tersebut menyebabkan dana Pengguna telah terdebit namun belum diterima oleh Mitra, maka Mitra wajib untuk memberikan pemberitahuan kepada Jaski melalui email ke [email protected]

6.4 Dalam mengelola dan memberikan layanan melalui Platform Jaski, Jaski senantiasa menjaga keamanan informasi-informasi yang diberikan oleh Mitra, termasuk namun tidak terbatas pada Informasi Registrasi, dari kehilangan atau kebocoran yang diakibatkan perolehan secara ilegal oleh pihak lain, dengan menerapkan sistem keamanan yang wajar sesuai standar yang berlaku. Namun, Jaski tidak menyatakan dan menjamin bahwa Platform Jaski telah terbebas dari kehilangan atau kebocoran informasi yang diakibatkan oleh pihak lain, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) carding, (ii) cracking, (iii) phising, dan (iv) malware, yang ditujukan baik kepada Platform Jaski maupun infrastruktur pendukungnya. Mitra dengan ini menyatakan bahwa Mitra telah memahami risiko-risiko tersebut dan melepaskan Jaski dari segala bentuk tanggung jawab terhadap seluruh atau sebagian kerugian atau hilangnya keuntungan yang dialami Mitra sehubungan dengan kebocoran informasi-informasi yang diakibatkan oleh perolehan secara ilegal oleh pihak lain.

6.5 Dalam penggunaan Platform Jaski, Mitra menyatakan dan menjamin bahwa Mitra adalah pemilik dari informasi-informasi yang diberikan kepada Jaski dan/atau informasi-informasi yang diunggah ke dalam Platform Jaski. Oleh karena itu Mitra membebaskan Jaski dari segala bentuk tanggung jawab yang timbul sehubungan dengan adanya klaim atau tuntutan dari pihak lain yang berasal dari dan/atau terkait dengan informasi-informasi yang Mitra berikan.

 

7. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

7.1 Segala sesuatu mengenai Platform Jaski, termasuk namun tidak terbatas pada tulisan, gambar, logo, tombol, konten, fitur, perangkat lunak (software) adalah hak kekayaan intelektual yang dilindungi berdasarkan, termasuk namun tidak terbatas pada, (i) Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta, (ii) Undang-Undang No. 13 Tahun 2016 Tentang Paten, (iii) Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis dan (iv) peraturan perundang-undangan lain yang relevan (“HKI Jaski”). Mitra hanya diperbolehkan untuk menggunakan, dengan kata lain, mengunduh atau mencetak HKI Jaski untuk kepentingan pribadi Mitra dan bukan untuk tujuan komersial.

7.2 Sebagai bagian dari pelayanan Jaski, Jaski akan membantu Mitra dalam memasarkan Produk. Oleh karena itu, Mitra dengan ini memberikan hak secara penuh kepada Jaski untuk menggunakan konten-konten Mitra yang terdapat di dalam Platform Jaski, termasuk namun tidak terbatas pada, gambar, foto, desain, nama bisnis, untuk keperluan apapun menurut pertimbangan Jaski, tanpa kewajiban untuk meminta persetujuan atau memberikan pemberitahuan kepada Mitra.

 

8. KERAHASIAAN

Mitra berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan dari informasi-informasi yang diberikan oleh Jaski, atau informasi-informasi lain yang Mitra dapatkan sehubungan dengan penggunaan Platform Jaski, termasuk namun tidak terbatas pada, Biaya, informasi komersil, kontraktual, keuangan, rahasia perdagangan, ide, konsep, teknologi, desain, spesifikasi, data diagram, informasi teknis lainnya, dalam bentuk apapun (“Informasi Rahasia”). Kewajiban untuk menjaga kerahasiaan dari Informasi Rahasia berlaku efektif sejak Mitra memperoleh Akun Mitra, dan akan terus berlaku walaupun Mitra telah mengakhiri hubungan Mitra dengan Jaski melalui Penutupan Akun Mitra.

Apabila Mitra melanggar kewajiban untuk menjaga kerahasiaan dari Informasi Rahasia, sehingga menyebabkan timbulnya hal-hal sebagai berikut:

a. pengungkapan Informasi Rahasia;

b. pencurian, penipuan dan/atau penyalahgunaan sehubungan dengan aset-aset Jaski;

c. pernyataan yang salah atau pernyataan palsu mengenai Jaski;

d. penghinaan atau pengancaman dari pihak manapun kepada Jaski;

e. hal-hal lain yang merugikan Jaski dalam bentuk apapun;

maka Mitra bertanggung jawab secara penuh untuk memberikan ganti rugi atas seluruh kerugian dan/atau hilangnya keuntungan yang dialami oleh Jaski dan/atau mitra-mitra Jaski yang timbul dari, atau sehubungan dengan, pelanggaran Mitra terhadap kewajiban untuk menjaga kerahasiaan dari Informasi Rahasia.

 

9. KONTEN YANG DILARANG

9.1 Dalam menggunakan Platform Jaski, Mitra dilarang untuk, dengan cara apapun menggunakan konten sebagaimana ditentukan dalam Lampiran III (“Konten Yang Dilarang").

9.2 Apabila terdapat indikasi bahwa Mitra menggunakan Konten Yang Dilarang di dalam Platform Jaski, maka Jaski berhak untuk secara seketika menghapus Konten Yang Dilarang dari Platform Jaski.

9.3 Selambatnya 3 (tiga) Hari Kerja setelah penghapusan Konten Yang Dilarang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 11.2, Jaski akan memberikan pemberitahuan kepada Mitra melalui email Mitra yang terdaftar dalam Platform Jaski.

9.4 Apabila Mitra merasa konten yang dihapus adalah bukan Konten Yang Dilarang, maka Mitra berkewajiban untuk membuktikannya dengan menyerahkan, antara lain, surat pernyataan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menyatakan bahwa konten yang dihapus bukanlah Konten Yang Dilarang.

 

10. PENGEMBALIAN UANG KEPADA PENGGUNA

Refund tergantung kepada kebijakan masing-masing Mitra, Jaski hanya menjadi penengah bila terjadi konflik antara Mitra dengan pengguna

11. PENGAKHIRAN SYARAT DAN KETENTUAN MITRA

11.1 Apabila Mitra bermaksud untuk mengakhiri hubungan Mitra dengan Jaski, yang berarti mengakhiri keberlakuan dari Syarat dan Ketentuan Mitra, maka Mitra dapat melakukan penutupan terhadap Akun Mitra, dengan cara mengirimkan permintaan penutupan akun melalui email Jaski di [email protected] dan selanjutnya Jaski akan memproses permintaan penutupan atas Akun Mitra (“Penutupan Akun Mitra”). 

11.2 Penutupan Akun Mitra tidak membebaskan Mitra dari segala kewajiban yang telah timbul sebelum tanggal Penutupan Akun Mitra.

 

12. PELANGGARAN

Pelanggaran terhadap setiap ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Mitra dan/atau ketentuan-ketentuan lainnya sehubungan dengan penggunaan Platform Jaski oleh Mitra, memberikan hak kepada Jaski untuk memberikan peringatan melalui email terdaftar Mitra. Apabila dalam jangka waktu 5 (lima) Hari Kerja Mitra tidak memperbaiki pelanggarannya, maka Jaski berhak untuk secara seketika melakukan Penutupan Akun Mitra.

 

13. JANGKA WAKTU

Syarat dan Ketentuan Mitra ini berlaku efektif sejak proses registrasi oleh Mitra selesai dilakukan, yaitu pada saat Mitra memperoleh Akun Mitra, dan akan terus berlaku, kecuali diakhiri oleh Jaski atau Mitra melalui Penutupan Akun Mitra.

 

14. LAIN-LAIN

14.1 Hukum Yang Berlaku. Syarat dan Ketentuan Mitra, penafsiran dan pelaksanaan serta segala akibat yang ditimbulkannya, diatur dan tunduk kepada hukum Republik Indonesia.

14.2 Penyelesaian Perselisihan. Setiap perbedaan atau perselisihan yang timbul akibat penafsiran dan/atau pelaksanaan Syarat dan Ketentuan Mitra ini (“Perselisihan”) sedapat mungkin akan diselesaikan dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat. Setiap Perselisihan wajib diberitahukan secara tertulis melalui email atau dengan cara lain yang dianggap relevan. Dalam hal setelah 30 (tiga puluh) hari tidak tercapai kesepakatan dengan cara musyawarah, maka Perselisihan akan diselesaikan melalui arbitrase yang diselenggarakan di Jakarta dan diputus oleh BANI dengan 3 (tiga) orang arbiter yang ditunjuk sesuai dengan peraturan-peraturan administrasi dan peraturan-peraturan prosedur arbitrase BANI, yang keputusannya mengikat sebagai keputusan tingkat pertama dan terakhir.

14.3 Perubahan. Mitra sepakat bahwa Jaski berhak dan memiliki kewenangan penuh untuk sewaktu-waktu mengubah Syarat dan Ketentuan Mitra dan ketentuan-ketentuan lainnya sehubungan dengan penggunaan Platform Jaski, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan mengenai Biaya dan Jaski Point. Setiap perubahan akan diinformasikan ke email terdaftar Mitra. Ketentuan yang baru akan berlaku efektif 24 (dua puluh) empat jam setelah diumumkan ke email terdaftar Mitra. Apabila Mitra tidak bersedia untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Mitra yang baru, Mitra dapat melakukan Penutupan Akun Mitra. Apabila Mitra tidak melakukan Penutupan Akun Mitra, maka Mitra dianggap telah bersedia dan sepakat untuk terikat pada Syarat dan Ketentuan Mitra yang baru.

14.4 Keterpisahan. Apabila ada ketentuan berdasarkan Syarat dan Ketentuan Mitra yang dianggap tidak sah, tidak berlaku atau tidak dapat dilaksanakan baik secara keseluruhan atau sebagian, berdasarkan peraturan perundang-undangan, hal tersebut tidak akan menghapuskan keabsahan dan keberlakuan dari ketentuan-ketentuan lainnya dari Syarat dan Ketentuan Mitra.

14.5 Lampiran. Semua lampiran dan dokumen yang dirujuk dalam Syarat dan Ketentuan Mitra merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan Mitra dan oleh sebab itu berlaku mengikat Mitra.

Lampiran I: Produk

Produk yang dapat ditawarkan oleh Mitra melalui Platform Jaski adalah sebagai berikut:

  1. Venue;
  2. Catering;
  3. Aksesoris;
  4. Gown;
  5. entertainment;
  6. dekorasi;
  7. makeup
  8. wedding organizer & Event organizer;
  9. foto & videografi;

 

Lampiran II: Biaya Layanan

Jaski akan mengenakan Biaya Layanan yang dibebankan kepada Mitra. Biaya Layanan ini diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan.

Adapun besaran Biaya Layanan diatur sesuai dengan keterangan di bawah ini:

  • Transaksi Kartu Kredit           : 2,9% + Rp 2.200,
  • GoPay                                      : 2%
  • QRIS                                        : 0,7%
  • Permata Virtual Account       : Rp 4.400,
  • Mandiri Bill Payment              : Rp 4.400,
  • BNI Virtual Account               : Rp. 4.400,

 

Lampiran III: Konten Yang Dilarang

Dalam menggunakan Platform Jaski, Mitra dilarang untuk menggunakan, dengan cara apapun, konten-konten sebagai berikut:

1. barang dan/atau jasa yang memuat konten negatif (pornografi, perjudian, kekerasan, dan konten atas barang dan jasa yang melanggar peraturan perundang-undangan):

a. barang dan/atau jasa yang memuat konten negatif pornografi:

(i) pornografi yakni gambar, sketsa, ilustrasi, foto, tulisan, suara, bunyi, gambar bergerak, animasi, kartun, percakapan, gerak tubuh, atau bentuk pesan lainnya yang memuat kecabulan atau eksploitasi seksual yang melanggar norma kesusilaan dalam masyarakat;

(ii) jasa pornografi yakni segala layanan pornografi yang bersifat implisit maupun eksplisit;

b. barang dan/atau jasa yang memuat konten perjudian, lotere dan/atau taruhan;

c. barang dan/atau jasa yang memuat konten dengan materi kebencian:

(i) benda, gambar, dan/atau jasa yang melecehkan, mendegradasi, atau mengandung muatan kebencian terhadap individu atau kelompok individu atas dasar agama, jenis kelamin, orientasi seksual, ras, etnis, usia, atau cacat tubuh;

(ii) benda, gambar dan/atau jasa yang menganjurkan atau membenarkan kekerasan atau membuat ancaman bahaya terhadap individu atau kelompok;

(iii) benda, gambar dan/atau jasa yang memberikan layanan menghilangkan nyawa orang lain dan/atau penganiayaan dan/atau perundungan;

(iv) benda, gambar dan/atau jasa yang menghasut atau mempromosikan kebencian terhadap kelompok atau individu;

d. barang dan/atau jasa yang memuat konten gambar grafis yang menimbulkan kengerian:

(i) benda, gambar, dan/atau jasa gambar atau grafis yang berdarah seperti pertumpahan darah dan kecelakaan mengerikan atau aneh;

(ii) benda, gambar dan/atau jasa gambar atau grafis yang memuat organ tubuh manusia, darah;

(iii) benda, gambar, dan/atau jasa penyiksaan baik hewan maupun manusia;

e. barang dan/atau jasa yang memuat konten yang melanggar hak kekayaan intelektual;

f. barang dan/atau jasa yang memuat konten jasa peretasan (hacking dan/atau cracking) dan/atau menyediakan akses tanpa hak atau melawan hukum atas sistem elektronik;

g. barang dan/atau jasa yang memuat konten penyediaan dan/atau akses terhadap narkoba, zat adiktif dan psikotropika;

h. barang dan/atau jasa yang memuat konten dengan materi ketidakjujuran, kecurangan atau menyesatkan orang lain antara lain iklan mistis atau takhayul, penipuan, jasa pencucian uang, jasa pemalsuan dokumen (termasuk dokumen ijazah dan/atau sertifikat), dan skema piramida (termasuk pemasaran afiliasi atau money game).

i. barang dan/atau jasa yang memuat konten perdagangan manusia (human trafficking) dan/atau organ manusia;

j. barang dan/atau jasa yang memuat konten tentang rokok;

2. barang dan/atau jasa yang tidak memiliki perizinan untuk diperdagangkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan:

a. barang dan/atau jasa yang memuat konten senjata, militer dan peledak. Termasuk dalam hal ini tentang menjual, memfasilitasi atau mendukung penjualan senjata dan aksesoris senjata yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan seperti penjualan amunisi, bagian senjata, pistol, senapan, senjata udara, dan senjata bius;

b. barang dan/atau jasa yang memuat konten obat-obatan, makanan, dan/atau minuman tertentu. Termasuk dalam kategori ini, antara lain:

(i) zat dan/atau obat-obatan terlarang sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan;

(ii) obat-obat yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya;

(iii) obat atau bahan yang mengandung zat terlarang;

(iv) obat-obatan (termasuk obat-obatan tradisional) yang tidak mempunyai izin edar dan/atau yang materi iklannya belum/tidak disetujui oleh instansi yang berwenang; dan/atau;

(v) minuman beralkohol;

c. barang dan/atau jasa yang memuat konten tentang tanaman dan/atau binatang yang dilindungi oleh negara berdasarkan peraturan perundang-undangan;

d. barang dan/atau jasa yang memuat konten tentang alat dan/atau perangkat yang dilarang dan/atau yang tidak tersertifikasi oleh kementerian/lembaga contoh alat dan/atau perangkat telekomunikasi yang dilarang dan/atau yang tidak tersertifikasi oleh Kementerian Informasi dan Informatika;

e. barang dan/atau jasa yang memuat konten tentang bahan kimia yang beracun dan berbahaya;

f. barang dan/atau jasa yang memuat rumah subsidi pemerintah;

g. barang dan/atau jasa yang berkaitan dengan jasa pernikahan siri; dan

h. barang dan/atau jasa yang berkaitan dengan kesehatan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.